Share Informasi Biar Tambah Ilmu
Selamat Datang Semoga Informasi Yang Di Share Bermanfaat

....

Rabu, 18 Mei 2011

membuat Kerangka Usaha Mini Market

Read more about edit template by seoblogger4.blogspot.com

TUGAS

KEWIRAUSAHAAN

MEMBUAT KERANGKA USAHA

“MINI MARKET”

Oleh

Adi Candra

(09312019)

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer

Perguruan Tinggi TEKNOKRAT

2010

I. Nama Usaha : Mini market

II. Lokasi : Raman Utara Lampung Timur

- Analisis lingkungan sekitar

§ Keadaan jalan yang kurang baik

§ Jumlah penduduk yang cukup padat

§ Penduduk kebanyakan kalangan menengah kebawah

III. Komonditi yang diusahakan : Penjualan makanan ringan, kebutuhan kantor atau alat sekolah, mainan anak-anak, minuman dingin, pakaian.

IV. Konsumen yang dituju : masyarakat kalangan bawah maupun kalangan atas

V. Pasar yang akan dituju : semua kalangan dari usia kecil sampai dewasa.

VI. Peralatan yang digunakan :

- Computer

Dingunan untuk pembayaran konsumen atas barang yang sudah dibeli kepada kasir yang bekerja dan digunakan untuk mengetahui stok barang yang ada dan barang yang sudah terjual, sebagai output dari pengawasan camera sisi TV yang ada.

- Mobil

Digunakan untuk pengambilan barang-barang yang sudah dipesan untuk dibawa ke mini market.

- Lemari pendingin

Digunakan untuk penyimpanan minuman-minuman agar tetap dingin.

- Camera sisi TV

Sebagai keamanan atau pengawas luar maupun dalam mini market.

VII. Analisis SWOT :

Analisis lingkungan

§ Peluang

o Jumlah pesaing yang sedikit

Pesaing yang sedikit merupakan peluang yang sangat bagus karena dengan sedikitnya pesaing maka besar pula keuntungan yang dapat diperoleh.

o Kebutuhan masyarakat yang tak pernah habis

“Manusia memiliki sifat yang tak pernah puas” kebutuhan manusia akan barang-barang yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari mewajibkan mereka untuk mencukupinya,

o Perubahan pola hidup masyarakat sesuai perkembangan jaman

Jaman selalu berkembang sehingga mau tidak mau pola pikiran, pola hidup masyarakat akan mengikuti perkembangan jaman tersebut. Pola hidup masyarakat yang mengikuti jaman akan memilih tempat berbelanja yang bersih, praktis,nyaman, aman.

o Tempat yang strategis

Tempat yang dipilih oleh seorang wirausaha akan sangat berpengaruh besar untuk kelangsungan hidup usanya. Mini Market terletak di pinggir jalan besar yang sering dilewati oleh kendaraan sehingga memudahkan konsumen untuk berbelanja disana.

§ Ancaman

o Pendapatan masyarat yang sedikit

Karena kebanyakan masyarakat yang ada adalah menengah kebawah jadi barang-barang yang ditawarkan juga untuk kalangan menengah kebawah.

o Kenaikan harga barang-barang

Kenaikan barang-barang ancaman yang cukup serius alasanya dengan naiknya barang-barang maka naik pula harga satuan di masyarakat dengan pendapatan masyarakat yang menengah kebawah memungkinkan akan berkurang juga minat masyarakat untuk membeli barang-barang.

o Pesaing
pesaing dalam usaha mini market ini seperti indomaret dan alfamart dan pedagang lain yang berjualan disekitar sana.

Analisi internal

§ Keunggulan atau kekuatan

o Barang-barang berkualias

o Harga murah

o Banyak investor

Karena jumlah penduduk yang cukup padat dan jumlah pesaing yang rendah serta lokasi yang cukup strategis yang sering dilewati oleh kendaraan memungkinkan banyak investor-investor berdatangan.

o Peralatan yang canggih

o Managerial yang handal

Manager yang diperkerjakan di mini market adalah minimal lulusan S1 managerial

o Lokasi parkir yang aman dan luas

Lolasi parkir berukuran 30x60m yang terdapat kamera sisi TV sebagai pengawas dan pengaman kendaraan disekitar mini market

§ Kekurangan atau kelemahan

o Kondisi jalan yang kurang baik

Keadaan jalan yang kurang baik sering kali menjadi kendala pengambilan barang yang kurang tepat waktu ditambah lagi tempat yang jauh dari perkotaan.

o Jauh dari perkotaan

o Tenaga kerja yang kurang pendidikan




Mau lebih jelasnya silahkan download Doc di: Download



0 comments:

Posting Komentar